Kamis, 15 Januari 2009

HARI GINI MASIH DUGEM


Pemuda harus berani maju menjadi pemimpin. Namun bukan kaum muda yang suka foya-foya dan suka dugem," kata Menpora Adhyaksa Dault.


Jika pemuda suka foya-foya dan dugem, menurutnya, maka lebih baik pemimpin yang tua namun bersahaja. Meski demikian akan lebih baik lagi jika kaum muda yang bersahaja. Kaum muda harus memiliki wawasan, punya visi dan misi, bisa mengartikulasikan keinginan masyarakat, serta mempunyai rekam jejak yang bagus.


"Saat ini memang sangat besar dorongan agar kaum muda menjadi pemimpin. Namun jangan hanya melihat popularitas saja, tapi juga harus mampu menyelesaikan masalah," kata Adhyaksa.


Saat Orde Baru, sambung dia, sirkulasi kepemimpinan nasional mandek dengan alasan untuk menjaga stabilitas. Kaum muda sulit maju menjadi pemimpin karena jika menyingkirkan yang tua, dikhawatirkan akan mengganggu stabilitas.


"Akibatnya ada seorang menteri yang menjabat empat hingga lima kali. Namun sejak reformasi terjadi, dorongan agar kaum muda mengambil peran yang lebih besar meningkat," pungkas Adhyaksa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar